IMG_20200622_002922

5 Cafe di Yogyakarta yang Nyaman dikunjungi Bersama Bayi atau Toddler

Setelah sekian lama menjalani masa karantina #dirumahaja, pasti banyak mamah-mamah yang sudah kangen ngopi cantik di kafe-kafe ya, Moms. Sama, sayapun sudah kangen sekali bisa minum dan makan untuk quality time sama orang yang kita sayangi di sana.

Nah, berhubungan sekarang sudah mulai memasuki tahap new normal, beberapa kafe pun akan segera atau bahkan sudah buka kembali. Sekarang aku mau berbagi dan mereview beberapa kafe yang sudah pernah dan sering aku singgahi bareng suami dan anakku, meski singgahnya sebelum adanya pandemic ini ya.. Semoga di new normal ini kafe-kafe tersebut tidak banyak perubahan. Kalaupun ada perubahan, semoga perubahan yang semakin baik, baik dari segi desain, layout, menu dan pelayanan yang disesuaikan dengan protokol kesehatan di masa corona ini..

Oh ya, selama menjadi mamah-mamah, kalau mau keluar ngopi yang mesti dipastikan adalah kafenya ada AC apa enggak -karena ini juga berhubungan sm smoking areanya, ada shofanya nggak, dan ada mushola atau syukur2 ada ruang untuk menyusuinya. Karena gak selalu pake baju menyusui bukaan kanan kiri kan, jadi kadang tetep perlu ruang untuk nenenin. Tapi kalau saya pribadi, selalu memastikan ketika mau bepergian sama anak, selalu pakai baju menyusui bukaan kanan kiri, biar gak ribet. Kan #antiapronapronclub hehe. Anyway, berikut reviewnya yaa..

1. Dixie Jogja

Ini tempat juara sih… Pertama, nyaman karena ada ruang ber AC jadi no smoking area kan, kedua ada pilihan sofa yang kaya lebar gitu jadi cocok kalau lagi gak bawa stroller misal si adek bobo bisa digolerin di kursi sofa itu. Terus, makanannya enak-enak semuaa.. dan semua menu lengkap disini, mulai dari makanan Indonesia, western, chinees, sampe italia seperti pizza dan spaghetti. Beberapa makanan yang aku rekomendasiin untuk dicoba disana itu chicken roastednya, blackpepper beef, pizzanya juga tipe yang tipis crunchy gitu bukan yg tebel doughnya. Kalau minum, saya biasa pesen yang refill karena gendong anak tuh suka bikin haus hehehe. Ada mushola sebagai tempat solat jadi enak kalau mau berlama-lama nggak perlu pusing mau solat dimana, dan bisa jadi tempat menyusui juga. Atau kalau ada ruangan yang masih belum bisa ditempatin, bisa numpang dbf disitu. Oh ya, Dixie ini memiliki 2 lantai, lahan outdoornya ada di lantai 1 yang kebanyakan lesehan layoutnya, tapi di lantai 2 yang ada sofa panjang itu cukup luas untuk anak eksplorasi kesana kemari selama masih dalam batas tidak mengganggu pengunjung lain.

Di masa new normal ini, Dixy menyiapkan Menu New Normal dengan jam buka baru yaitu pukul 12.00 – 20.00. Untuk info lengkapnya, bisa dicek ke akun instagram mereka yaa.. 

2. Tujuan

Ini cafΓ© sangat instagramable, design interior ataupun outdoor nya kece banget. Dengan logo dan ciri khas warna bold mereka, menjadikan kafe ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. dari segi bangunan dan desainnya, menciptakan keharmonisan tersendiri yang sangat bisa diterima oleh mata, dan bisa dirasa kehangatannya oleh hati kita. ceileh.. πŸ˜€ Untuk pilihan makanannya, ada makanan Indonesia dan western juga. Tapi berhubung indoornya satu ruangan ngeblong gitu, jadi harus jagain anak kita supaya nggak terlalu mengganggu pengunjung lain kalau misal si toddler mau jalan kesana kemari. Outdoornya enak, dipenuhi beberapa tanaman yang menambah kesan nyaman. Spot fotonya banyak karena disana juga ada printilan-printilan gemes yang bikin suasana dan mood jadi lebih ceria lagi..

Di new normal kali ini, mereka akan buka dalam beberapa hari ke depan dengan jam operasioanal yang lebih cepat yaitu jam 7 pagi. Alasan mereka membuka sepagi itu supaya konsumen bisa ngopi pagi dan yang bersepeda pagipun bisa duduk-duduk rehat disana. Info ini didapat dari ownernya, salah satu influencer sekaligus mamah muda penyuka gaya vintage modern, dan tentu blogger juga, the one and only kak @lucedaleco.

3. Pitutur Kopi

kafe ini terkenal dengan kesan rumahannya. Jujur, saya sudah menjadi pelanggan Pitutur sejak sebelum menikah, karena suasananya yang nyaman banget dan homey. Kafe ini hanya menyediakan menu minuman kopi maupun non-kopi tanpa adanya menu makanan berat, hanya ada dessert seperti cheesecake, cookies dan cake lainnya yang dibuat homemade oleh mereka. Jadi begitu selesai proses punya bayi dan balik ke Jogja, refreshing pertama langsung ngopi di Pitutur, tapi pesen yang non kopi. Waktu itu pesen Mikasa, serius itu enak banget dan moms bisa cobain juga, dijamin akan ketagihan. Untuk layoutnya, disana ada sofa panjang bergaya vintage, ada kamar yang dijadikan sebagai mushola, dan ber AC plus ada tempat duduk outdoor nya juga. Oh ya, salah satu keunggulan dari Pitutur ini adalah dia menyediakan rak berisi buku bacaan, mulai dari novel, non-fiksi, ensiklopedia, sampai buku tentang fotografi. Jadi bisa baca-baca sambil ngopi deh. Dan kabar baiknya, mereka hari ini sudah mulai buka yaa, dengan jam operasional mulai pukul 13.00 – 20.00 WIB..

4. Jog.Ya! by Kepomo Cafe

Nah, sebelum pandemic, kafe satu ini sedang jadi favorit kamii. Soalnya, pertama deket sama rumah, letak dia di Alun-alun Kidul. Kedua, Mbak-mbak dan Mas-mas di sana ramah anak banget, mau kafenya lagi sepi atau ramai, pasti mereka ngajak maen anakku. Ketiga, desainnya instagramable banget dan nyaman sekali. Dinding mereka pakai kaca, jadi bisa liat pemandangan di luar. Kalau yang didalam, semua kursinya berbentuk sofa pakai cushion yang tebel-tebel dan empuk banget. Outdoornya pun nyaman, disediakan kipas air di sana supaya adem. Anakku senang banget disana, karena kalau datang ke sana lebih awal, bisa lari-larian di luar sebelum ada pengunjung lainnya jadi masih bebas..

5. RM Demangan

Kafe ini lucu sekaliii, dengan spot foto kaya di Pinterest gituu. Suasananya pink-peach, lengkap dengan perintilan dan dekor yang sangat manis sekali. Tentu manis, karena semuanya ditata dan di desain oleh kak Lucedale juga. Yup, beliau adalah owner RM Demangan ini juga bersama suaminya. Kafe ini masih cocok buat bayi meski tidak ada sofa, tapi ada kursi makan bayi buat menggantikannya, plus ada area luar yang lesehan. Ini juara banget sihh lesehannya di atas kolam ikan dan rimbun oleh tanaman-tanaman hijau gitu. Namun supaya terhindar dari asap rokok, sebaiknya pinter-pinter cari waktu yang masih sepi yaa kalau mau duduk di lesehan. Menu makannya di sini adalah masakan Indonesia, tapi ada juga yang chinees seafood, namun saat ini RM Demangan hanya menerima order online via aplikasi pengantaran makanan. Kita tunggu saja ya kapan mereka akan mulai beroperasi lagi..

View this post on Instagram

Back here under the sun. 🌻 #rmdemangan

A post shared by RM DEMANGAN (@rmdemangan) on

Kafe-kafe yang sudah aku sebut di atas bisa jadi tempat yang bisa dimasukkan ke daftar tempat yang ingin dituju pasca pandemic ini selesai, ataupun yang ingin ngopi diluar sekarang ini, tentu dengan memperhatikan protokol kesehatannya yaa. Tapi sebaiknya, kalau untuk bawa anak, kita tunggu kondisi yang lebih aman dan sehat saja yaa, karena tidak ada yang tahu dimana virus corona itu bersarang. Kecuali, untuk yang di daerah Jogja, moms perginya sendiri untuk me-time sementara anak dititipin ke bapaknya ajaa… πŸ™‚ Kalau untuk moms yang di luar kota, harap lebih bersabar lagi yaa..

Oke sekian dulu ya review nyaa, semoga dengan info-info ini mamah-mamah semua kembali bersemangat untuk tetap menjalani hari-hari di masa sekarang ini, karena sudah memutuskan akan hangout cantik kemana setelah semuanya dirasa aman.. see you on the next Mal’s review!

Tags: No tags
0

27 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *